Review Kekuatan Prosessor Intel dan AMD untuk Laptop Grafis


Laptop dengan kekuatan prosessor Intel dan AMD hingga sekarang masih menjadi trending topik yang diminati banyak pengguna di seluruh dunia. Tak hanya perangkat komputer pribadi saja, jenis komputer sekolah atau komunitas juga menggunakan prosessor paling berkembang ini. Sebelum memutuskan untuk membeli perangkat komputer idaman, sebaiknya Anda membaca dulu ulasan lengkap mengenai dua prosessor yang terus bersaing di kancah global tersebut. 

Kelebihan dan kekurangan prosessor Intel
Mari kita membahas prosessor Intel terlebih dahulu yang memiliki beberapa kelebihan berikut ini. 

1. Komponen tidak mudah panas
Kelebihan utama yang membuat banyak pengguna perangkat komputer memilih prosessor Intel adalah kemampuan teknologi canggih ini mengatur suhu tetap normal. Saat bekerja terlalu lama di depan layar, komponen komputer tidak akan mudah mengalami panas atau overheat. 

2. Tidak menimbulkan suara
Prosessor Intel juga tidak menimbulkan suara desisan berlebih saat dipakai bekerja. Kebanyakan prosessor lain sering menimbulkan suara desisan yang berlebihan sehingga mengganggu kenyamanan bekerja. Kalau Anda tipe orang yang tidak suka suara berisik, wajib mempertimbangkan perangkat komputer yang menggunakan prosessor Intel ini. 

3. Unggul dari segi merek
Prosessor Intel begitu memahami pentingnya brand demi menggaet pelanggan baru atau meningkatkan loyalitas pelanggan lama. Keunggulan brand tersebut yang membuat perangkat komputer berbasis prosessor Intel lebih menang dibandingkan jenis prosessor lain. 

Membicarakan kelebihan tentu tidak akan lengkap tanpa membandingkannya dengan kekurangan yang dimiliki. Begitu pula dengan prosessor Intel yang memiliki beberapa kekurangan antara lain.

4. Harga yang lebih mahal
Prosessor Intel membandrol harga yang cenderung lebih mahal sebanding dengan mutu dan kualitas. Tak hanya dari segi harga perangkat saja, biaya service prosessor ini juga lebih mahal dibandingkan prosessor lain. Hal inilah yang membuat pengguna beralih pada merek lain yang lebih ekonomis. 

5. Kurang unggul di bidang grafis
Gamers sejati pasti tidak menyukai perangkat yang dilengkapi prosessor Intel. Pasalnya, desain grafis yang dimiliki kurang unggul dibandingkan AMD. Hal itu yang menjadi alasan laptop dengan prosessor Intel tidak begitu diminati para gamers. 

Kelebihan dan kekurangan prosessor AMD
Seperti yang diketahui banyak orang bahwa prosessor Intel dan AMD selalu bersaing ketat merebut konsumen. Sebagian besar pengguna juga memilih prosessor AMD bukan tanpa alasan yang kuat lho! Berikut kelebihan yang ditawarkan manufaktur AMD. 

1. Memiliki harga yang terjangkau
Berseberangan dengan Intel, AMD memiliki harga yang lebih murah sehingga peminatnya lebih banyak. Gamers menengah ke bawah cenderung memilih laptop berbasis prosessor AMD karena memiliki grafis lebih bagus dan harga yang murah. 

2. Bisa mendeteksi virus Malware
Beberapa waktu lalu, fenomena pencurian data begitu meledak sehingga AMD menciptakan fitur Enchanced Virus Protection (EVP) untuk mendeteksi malware. 

Kekurangan perangkat komputer yang memakai prosessor AMD antara lain mudah sekali panas atau komponen AMD rentan sekali mengalami masalah overheat. Perangkat komputer yang menggunakan AMD masih perlu mengandalkan kipas yang membantu pendinginan perangkat keras. Jadi, Anda harus selalu menyediakan kipas pendingin untuk meminimalisir risiko overheat. 

Laptop Intel dan AMD memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Selama perangkat komputer yang dipilih sesuai dengan kebutuhan baik desain atau bermain game, Anda bisa memilih jenis laptop yang menggunakan prosessor Intel atau AMD sesuai dengan budget yang ada. 

Menggabungkan keduanya dalam satu paket perangkat komputer, kenapa tidak? Anda mungkin harus tahu mengenai prosessor intel i5 dan i7 yang menggunakan desain grafis Radeon buatan AMD. Keren, bukan?


EmoticonEmoticon