Langkah Cuci Tangan dengan Sabun Anti Bakteri yang Ampuh


Langkah cuci tangan wajib diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari demi mengoptimalkan hidup sehat. Penggunaan sabun antiseptik bisa membersihkan kuman dan bakteri yang menempel pada tangan yang terkontaminasi dengan benda-benda kotor di lingkungan sekitar. Banyak orang mengabaikan kegiatan mencuci tangan sebelum makan dan minum. Padahal, tangan merupakan organ tubuh yang paling kotor dan bisa menyebabkan masalah kesehatan lho!

Ada banyak penyakit yang mengintai diri seseorang yang malas mencuci tangan sebelum makan atau minum seperti flu, meningitis, hepatitis, diare dan masih banyak jenis penyakit lain. Sebaiknya Anda mulai mengajarkan si kecil untuk belajar mencuci tangan yang baik dengan sabun. Tindakan sanitasi sederhana bisa mencegah penyebaran kuman penyakit dari tangan ke mulut, hidung dan anggota tubuh yang lain. 

Kapan waktu terbaik mencuci tangan dengan sabun anti bakteri?
Mencuci tangan dengan sabun anti bakteri sangat dianjurkan untuk mencegah penyebaran kuman atau bakteri penyebab penyakit. Saat direkomendasikan untuk mencuci tangan antara lain sebelum dan sesudah memasak agar olahan makanan tidak terkontaminasi bakteri, sebelum dan sesudah makan serta sebelum dan sesudah BAK/BAB. 

Bagi orangtua yang memiliki bayi, sebaiknya senantiasa membiasakan diri mencuci tangan terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas dengan sang buah hati. 

Tangan kotor rentan menyebarkan kuman penyakit dari orang dewasa ke bayi yang masih memiliki sistem imun belum sempurna. Untuk mencegah masalah kesehatan pada bayi, Anda harus cuci tangan sebelum menyusui, mengganti popok, menyentuh, menggendong dan sebagainya. 

Selain itu, biasakan pula pada anak untuk mencuci tangan setelah bermain, bersin, menyentuh berbagai benda dan luka pada tubuh. Anak-anak sering sekali menyentuh benda apa saja saat mereka tengah bermain seperti boneka, mainan dan lain-lain. Anda harus mengajarkan si kecil untuk senantiasa memperhatikan kesehatan diri sendiri sejak usia dini. Salah satu tindakan menjaga kebersihan diri adalah memberikan contoh langkah cuci tangan yang benar menggunakan sabun.

Langkah mencuci tangan menggunakan sabun anti bakteri yang baik
Efektifitas sabun anti bakteri bisa saja berkurang kalau Anda salah mempraktikkan cara mencuci tangan menggunakan sabun yang benar. Cara mencuci tangan menggunakan sabun yang baik adalah selama kurang lebih 30 detik. Selama ini, banyak orang salah kaprah mempraktikkan mencuci tangan dengan sabun hanya 6 detik saja. Mencuci tangan yang salah dan kurang bersih bisa saja menyebabkan peningkatan kuman dan bakteri pada tangan lho!

Perhatikan beberapa hal ini sebelum Anda mengajarkan anak cara mencuci tangan dengan sabun yang tepat. 
•  Memastikan bahwa seluruh bagian tangan mulai jari-jari, sela jari hingga bagian kuku terkena sabun semua.
•  Jangan mencuci tangan secara terburu-buru hingga melewatkan bagian tangan yang tidak terkena sabun.
•  Bilas menggunakan air mengalir hingga bersih dan lap menggunakan tisu kering yang bersih.
•  Tutup keran air menggunakan tisu agar tangan si kecil yang sudah bersih tidak terkontaminasi bakteri atau kuman di keran tersebut.
•  Hindari menggunakan hand dryer atau mesin pengering tangan sebab bisa meningkatkan kuman dan bakteri.

Cara efektif mencuci tangan di atas wajib Anda lakukan di rumah atau area publik. Pasalnya, kuman dan bakteri lebih mudah menyebar di area publik apalagi Anda dan si kecil turut menggunakan fasilitas umum tersebut. Selalu cuci tangan dengan sabun anti bakteri untuk mencegah penularan penyakit. Yuk, praktikkan langkah cuci tangan yang benar agar bebas dari kuman dan bakteri penyebab berbagai macam penyakit!


EmoticonEmoticon