Perhatikan Langkah Berikut Untuk Keperluan Asuransi Motor Anda

Indonesia merupakan satu diantara negara yang paling banyak memakai motor. Tahu tidak, bila hingga tahun 2016, jumlah kendaraan motor yang berada di Indonesia telah lebih dari 85 juta unit? Bila dilihat dari jumlah populasinya yang menjangkau sekitaran 250 juta, berarti sepertiga masyarakat kita telah memakai kendaraan ini. Akan tetapi, dalam perihal berkendara dengan aman nampaknya belum semuanya masyarakat paham. 

Dari aspek kelengkapan waktu berkendara mungkin saja orang-orang Indonesia telah memahami. Tetapi, tidak semua memahami benar mengenai perlunya asuransi motor serta kegunaan yang di tawarkan. Sesungguhnya, apakah perlu asuransi motor itu? Yuk, kita ketahui lebih dalam.

1. Beberapa jenis asuransi motor 

Anda perlu mengetahui 2 type asuransi motor ini. Pertama, asuransi motor type all risk dengan kata lain comprehensive memikul semuanya type risiko ancaman pada motor anda. Dari mulai yang Cuma lecet sedikit hingga ke masalah kehilangan motor semua diurusi. Ke-2 yaitu asuransi type Keseluruhan Loss Only. Jenis asuransi type ini juga akan mengcover motormu jika dalam kondisi betul-betul tidak dapat dipakai sekali atau tingkat rusaknya lebih dari 75%, hilang, atau pemiliknya wafat. 

2. Bagaimana caranya apply asuransi motor? 

Asuransi motor pada mulanya telah tersedia ketika beli motor. Masa berlaku asuransi pertama usai saat masa credit/angsuran motor usai. Tapi, bukanlah bermakna motor anda tidak dapat diansuransikan kembali ya! Anda dapat memajukan permintaan keberagam perusahaan yang tawarkan asuransi motor, seperti Motolite. Kurir akan datang untuk lakukan control pada motormu. Kemudian, baru anda membahas mengenai premi serta pilih type asuransinya. 

3. Apa sajakah kegunaannya? 

Yang namanya berkendara tentu memiliki resiko kecelakaan. Nah, ketika itu terjadi asuransi dapat menolong. Saat anda (amit-amit) alami kecelakaan, ongkos yang anda tanggung tidak akan terlampau berat jadinya, karna anda sudah membayar premi per bulan dengan teratur. Demikian halnya saat motor anda hilang. Tidak perlu terlampau cemas, apply asuransi motor juga akan mengcover anda hingga anda tidak bangkrut-bangkrut banget. Terlebih bila baru beli motor baru.


4. Berapakah cost yang diperlukan? 

Untuk ongkos premi yang mesti dibayarkan, semuanya bergantung perusahaan asuransi yang anda tentukan nanti. Namun demikian, motor baru beli yang dibayar dengan credit memiliki perhitungannya sendiri. Biasanya, anda juga akan dibebani ongkos asuransi 2, 5% dari keseluruhan harga motor. Kemudian, ongkos itu masih dikenankan tambahan ongkos administrasi sekitaran Rp 25.000 (Cuma sekali bayar). Butuh dipertimbangkan pula bila cost asuransi credit ini belum juga termasuk juga cost angsuran motor. Tapi, beli motor yang gratis ongkos asuransi bukannya tidak mungkin kok. 

5. Bagaimana caranya mengklaim asuransi bila motor hilang? 

Nah, inilah prosedur paling perlu untuk anda pengendara motor. Mengklaim asuransi nyatanya tidak se-simple itu! Bila motor hilang, anda butuh mengurusi surat kehilangan di kepolisian. Surat dari kepolisian lalu diserahkan keperusahaan asuransi untuk ditindak lanjuti sepanjang 30 hari. Untuk memajukan klaim, perusahaan asuransi juga akan memohon dokumen komplit. Nah, sesudah ini, anda tinggal menanti diganti. 

6. Bagaimana bila motor rusak? 

Bila motor menderita kerusakan, yang pertama mesti anda kerjakan yaitu memphoto sisi yang rusak. Lalu sediakan dokumen yang dibutuhkan untuk memajukan klaim perusahaannya. Baru anda dapat membawa motor ke bengkel, yakinkan juga bengkel tersebut bengkel relasi (mitra), ya! Sesudah semua prosedur lengkap, anda dapat isi formulir klaim. 

Apakah anda telah lebih tahu mengenai asuransi motor sesudah membaca penjelasan ini? Yakinkan anda tidak melewatkan detail-detail prosedur yang perlu, ya.


EmoticonEmoticon