Pembagian Ukuran Popok Bayi Berdasarkan Berat Badan


Anda akan membutuhkan popok bayi saat akan bepergian agar tidak membawa banyak pakaian ganti. Namun, bayi Anda merupakan anak pertama yang dimiliki dan Anda masih bingung menentukan ukuran popok untuknya. Berikut ini informasi tentang pembagian ukuran popok berdasarkan berat badan bayi. Sehingga Anda tidak perlu bingung lagi untuk menentukannya.

1. Ukuran Popok Berdasarkan Berat Badan untuk Model Perekat
Popok model perekat adalah popok yang menggunakannya dengan menempelkan pita perekat yang ada di bagian pinggang. Ukuran untuk model popok perekat terbagi atas 4 ukuran. Pertama,  ukuran untuk bayi baru lahir yang memiliki berat 0-5 Kg adalah menggunakan ukuran khusus popok bayi baru lahir. 

Kedua, ukuran untuk bayi yang memiliki berat 4-8 Kg adalah menggunakan ukuran S. Ketiga, ukuran untuk bayi yang memiliki berat 6-11 Kg adalah menggunakan ukuran M. Keempat,  ukuran untuk bayi yang memiliki berat 9-19 Kg adalah menggunakan ukuran L.

2. Ukuran Popok Berdasarkan Berat Badan untuk Model Celana
Popok model celana adalah popok yang menggunakan karet fleksibel pada bagian pinggang sehingga bisa dipakaikan dengan mudah pada bayi Anda. Model popok ini dipakai pada bayi yang telah menginjak usia lebih dari 3 bulan. Ukuran untuk model popok celana terbagi atas 3 ukuran.

Pertama, ukuran untuk bayi yang memiliki berat 6-11 Kg adalah menggunakan ukuran M. Kedua, ukuran untuk bayi yang memiliki berat 9-14 Kg adalah menggunakan ukuran L. Ketiga, ukuran untuk bayi yang memiliki berat 12-22 Kg adalah menggunakan ukuran XL.

Kapan Anda Harus Mengganti Ukuran Popok Bayi?
Popok bayi Anda harus diganti jika terjadi kondisi yaitu pertama, popok yang dipakai bayi Anda telah mengetat di area sekitar kaki dan perut bayi. Sehingga meninggalkan bekas pada kulitnya. Kedua, untuk popok model perekat telah dipakai pada bayi hingga bagian paling ujung popok. 

Ketiga, kondisi popok telah terlalu pendek dengan posisi di bagian pinggang terletak di bawah pusar bayi. Keempat, berat badan bayi telah memilih berat badan untuk ukuran popok yang sedang digunakannya.

Kapan Harus Beralih dari Popok Model Perekat ke Model Celana?
Popok model celana lebih fleksibel dibandingkan popok perekat dengan ukuran yang juga berbeda. Anda harus mengganti popok model perekat yang digunakan bayi menjadi popok model celana, jika bayi Anda telah bergerak dengan sangat aktif. Sehingga menyebabkan pita perekat pada popok sering terlepas. 

Mengetahui ukuran popok bayi yang sesuai untuk bayi Anda merupakan pengetahuan yang penting. Hal ini merupakan salah satu cara untuk mencegah ruam dan juga iritasi yang dapat terjadi. Pastikan juga Anda secara rutin memeriksa kondisi popok yang dipakai jangan sampai terlalu penuh sehingga membuat bayi Anda rewel dan juga menangis.


EmoticonEmoticon