Ingin Kembangkan Bisnis dengan Cepat? Cobalah Hal Berikut Ini!

Adolesensi - Bagi seseorang yang ingin menjalankan bisnis dengan skala besar pastinya membutuhkan  cara mendapatkan investor. Mendapatkan investor pun tujuannya adalah untuk berbagai macam cara. Mulai dari untuk mendapatkan modal awal, hingga untuk meningkat performa perusahaan dalam berbagai kegiatan operasional dan marketingnya. Namun, secara umum tujuannya adalah sederhana adalah mendapatkan dana segar berupa modal. Apalagi saat ini semakin banyak bisnis-bisnis yang menggunakan teknologi atau dikenal juga dengan startup yang banyak mencari investor untuk menjaga kelangsungan bisnis mereka. 

Tentunya anda juga tidak boleh kalah dalam mencari investor guna memajukan bisnis anda. Untuk itu disini kami akan membahas tentang cara mendapatkan investor yang baik untuk bisnis anda. Bagi anda yang tertarik mengembangkan sebuah bisnis dan sedang mencari cara bagaimana mendapatkan investor yang tepat, anda perlu mempersiapkan rencana-rencana agar menarik para investor. Bagi anda yang sedang mencari investor pastinya menyampaikan sebuah ide adalah awal permulaan. Namun, seorang investor tidak hanya menginginkan sebuah ide, namun memberikan solusi serta keuntungan apa yang nantinya akan mereka dapatkan. Untuk itu strategi yang matang sangat mempengaruhi anda untuk mendapatkan investor.


Selain itu, cara mendapatkan investor adalah dengan cara menampilkan hasil penelitian anda. Agar ide serta solusi dari bisnis yang anda sampaikan dapat diterima oleh para investor, jangan lupa untuk membuat sebuah penelitian. Data-data dari hasil penelitian yang anda buat dapat membantu untuk meyakinkan seorang investor menanamkan modalnya di usaha yang akan anda jalankan. Selain itu, data ini tentunya berasal dari perilaku sekelompok konsumen. 

Oleh karena itu, data ini akan sangat berguna untuk membuat langkah-langkah strategis dari bisnis yang akan anda jalankan nantinya. Strategi bisnis yang akan anda jalankan pun setidaknya dapat digambarkan kepada investor. Cara ini penting karena dapat membantu meyakinkan seorang investor tentang rencana bisnis yang akan dijalankan. Oleh karena itu persiapkan gambaran strategi bisnis yang akan dikembangkan. Perhitungkan juga waktunya, apakah akan dilakukan secara triwulan atau kwartal. Selain itu, jangan lupa pula untuk memaparkan strategi kondisional, agar seorang investor mendapatkan gambaran bisnis anda secara utuh. 

Cara mendapatkan investor, khususnya bagi para pembisnis baru bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Jika kamu belum mampu meyakinkan seorang investor, maka cara mendapatkan investor dengan beberapa cara lain. Saat ini berbagai macam perusahaan mulai tertarik menjadi sponsor untuk kompetisi startup. Mulai dari perusahaan telekomunikasi, bank hingga yang diinisiasi oleh perusahaan jenis venture capital berlomba-lomba menyiapkan bibit baru startup melalui kompetisi. Manfaatkan acara ini untuk mengenalkan bisnis startup yang akan anda  jalankan. Kenalkan bisnis anda kepada setiap peserta atau bahkan mengembangkan startup baru dan mengikuti kompetisi yang dijalankan. 

Tidak hanya perusahaan besar, namun beberapa individu kini mulai tertarik mengembangkan jaringan investor lain untuk membantu mengembangkan bisnis sebuah startup. Oleh karena itu, jalan terus komunikasi dengan para angel investor lain yang anda temui untuk menuangkan ide-ide, solusi serta strategi-strategi sebuah startup. Ketika bisnis anda sudah berjalan cukup lama dan perlu modal untuk mengembangkannya, maka ikutlah dalam event pameran bisnis, di event seperti ini banyak ditemui investor yang sedang mencari konsep bisnis untuk diberikan dana. 

Selain itu, di pameran bisnis kamu juga dapat menjalin kerjasama bisnis dan menjalin hubungan. Selain itu ana juga bisa mengikuti beberapa lomba bisnis untuk memperkenalkan bisnis anda kemasyarakat luas. Dengan mengikuti pameran dan lomba bisnis, sangat mungkin bagi anda untuk bertemu dengan sebuah komunitas dengan industry yang sama, atau setidaknya industry yang berkaitan. Ikutlah bergabung dengan komunitas tersebut untuk memperluas jaringan, jaringan itu sangat penting dalam dunia bisnis, bukan hanya untuk mencari investor, tapi juga untuk mencari supplier, perbandingan kualitas, dan sebagainya.


EmoticonEmoticon