Tips Tingkatkan Semangat Membaca

Adolesensi - Membaca menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi para pehobi baca. Namun akan terasa membosankan bagi mereka yang jauh dari kata gemar membaca. Meski demikian membaca tetap mejadi hal yang sangat penting, terlebih lagi bagi mereka yang berada di dunia akademik.

Walaupun penting terkadang membaca begitu terasa berat untuk dilakukan. Hal ini karena minat maupun motivasi untuk membaca begitu minim. Banyak faktor yang dapat menyebabkan kita malas membaca, seperti lingkungan yang tidak nyaman, buku yang tidak menarik, bahkan juga tidak adanya buku yang sesuai dengan minat kita.


Berikut ada beberapa tips untuk dapat meningkatkan semangat membaca yang dapat kamu lakukan. Sehingga minat bacamu menjadi lebih tergugah.
 
1.  Mengalokasikan waktu khusus untuk membaca
Mengalokasikan waktu dalam sehari untuk membaca sangat penting dilakukan untuk meningkatkan minat baca. Meskipun hanya 15 menit sehari ini akan memberi pengaruh cukup besar.  Membaca pada malam hari sebelum tidur juga baik dlakukan karena hal ini dapat membuat kita menjadi ingin membaca lagi dipagi harinya.

2.  Membeli buku setiap minggu
Membeli buku pasti akan terasa berat dilakukan saat minat baca kita masih sangat rendah. Namun hal ini justru menjadi hal yang efektif dilakukan. Karena ketika kita memerlukan pengorbanan untuk membeli suatu barang maka akan menstimulasi kita untuk memanfaatkan barang tersebut. Sama halnya dengan buku, dengan mengeluarkan uang untuk membeli buku maka akan merangsang kita untuk membaca buku tersebut.

3.  Manfaatkan waktu menunggu
Dalam keseharian kita tanpa disadari banyak waktu yang terbuang percuma, salah satunya pada saat menunggu. Hal yang sering kita lakukan saat menunggu ataupun antre yaitu asyik dengan gadget. Kebiasaan ini perlu dirubah dengan mengganti gadget dengan buku. Memang tidak mudah melakukannya, apalagi ketika banyak orang yang melihat. Dan ini menjadi tantangan tersendiri yang yang harus ditaklukkan.

4.  Memiliki daftar buku populer atau rekomendasi
Hal selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu membuat datar buku yang sekiranya menarik. Bisa dari judul yang unik, sinopsis yang membuat penasaran, ataupun rekomendasi dari teman yang sudah lebih dulu membaca. Selanjutnya perlu diikuti dengan target waktu untuk menyelesaikan buku tersebut.

5.  Berdiskusi atau bergabung dengan komunitas
Lingkungan menjadi begitu penting bagi kamu yang mulai berusaha meningkatkan minat bacamu. Ikut dalam kegiatan kepenulisan, bedah buku, komunitas cinta baca, ataupun sharing dengan para pecinta baca menjai hal yang bermanfaat untuk dilakukan. Karena selain mendapat percikan semangat literasi kamu juga dapat teman baru.
 
Menurut Victor Hugo, belajar membaca bagaikan menyalakan nyala api, setiap suku kata yang dieja akan menjadi percik yang menerangi.


EmoticonEmoticon