Tips Mengatasi Gadget Yang Lemot

Adolesensi - Di zaman digital seperti saat ini gadget telah menjadi barang primer dalam kehidupan kita. “Tanpa gadget, hidup terasa hampa”, begitulah ungkapan yang mengungkapkan seberapa besarnya peran gadget dalam keseharian aktivitas kita.

Saat ini gadget bukanlah barang tersier, bahkan untuk sebagian orang gadget merupakan ladang peghasilan. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari gadget, salah satunya akses informasi lebih cepat. Untuk itu gadget lemot menjadi hal yang harus dihindari.


Berikut tips yang bisa kamu terapkan untuk menghindari gadget yang lemot.

1. Perhatikan jumlah memori.
Setiap gadget dibekali dengan spesifikasi memori yang berbeda. Selain RAM, kapasitas memori internal juga mempengaruhi gadget kamu. Lemot bisa terjadi saat memori internal yang tersedia tinggal sedikit.untuk itu mengatasinya dengan cara menghindari menyimpan data hingga memenuhi memori internal. Apabila kamu terpaksa menyimpan banyak data di gadgetmu, usahakan untuk dbekali kartu memori.

2. Gunakan aplikasi antivirus 1 saja.
Aplikasi antivirus hampir sama dengan aplikasi bawaan sistem karena apikasi ini terus berjalan di background. Ini berdampak pada borosnya RAM, dengan demikian gadgetmu menjadi lemot. Untuk itu untuk apikasi antivirus kamu cukup menginstall satu aplikasi saja. Tips yang kedua ini  khusus untuk kamu pengguna aplikasi antivirus.

3. Gunakan aplikasi berbayar.
Aplikasi tidak berbayar memang lebih menarik perhatian daripada  yang berbayar, tapi justru aplikasi gratisan lebih mudah menyebabkan gadget lemot. Karena dalam aplikasi gratisan banyak iklan yang disematkan didalamnya.

4. Kurangi penggunaan widget.
Selain memperindah tampilan homescreen kamu widget dapat menjadi jalan pintas yang memudahkan untuk memantau aplikasi tanpa harus membuka aplikasi tersebut. Namun disisi lain, widget akan mengonsumsi RAM yang lebih besar sehingga dapat membuat gadgetmu menjadi lemot. Sebaiknya kurangi penggunaan widget untuk mengindari gadget kamu lemot. 

5. Hapus atau hentikan aplikasi yang tidak terpakai.
Dalam google playstore memang banyak aplikasi yang menarik perhatian yang tidak jarang membuat kita menginstallnya. Namun  setelah diinstall aplikasi tersebut tidak cukup menarik dan memiiliki fungsi yang sama dengann aplikasi yang lain. Alhasil, aplikasi tersebut hanya akan memenuhi RAM gadgetmu saja.penting untuk menghapus ataupun menghentikan aplikasi tidk terpakai semacam itu.
First


EmoticonEmoticon